Friday, August 23, 2013

Nasional - 16 Ags 2013 - 08:52:50

Karya Bakti Lebaran Bagian Pendidikan Karakter

784760_2.JPG

Jakarta (4/8), Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Kepramukaan dan Saka, Mayjen TNI (Purn) Hatta Syafrudin, S.H mengatakan bahwa Karya Bakti Lebaran yang diselenggarakan setiap tahun oleh Gerakan Pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter yang menjadi misi Gerakan Pramuka.
Demikian Kak Hatta menyampaikan hal tersebut ketika mewakili Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka saat mencanangkan kegiatan Aksi Pramuka Peduli Lebaran 1434 H. Kegiatan berlangsung tanggal 4 Agustus 2013 di Terminal Terpadu, Merak, Banten.
“Pasti dalam melakukan berbagai macam kegiatan khususnya melaksanakan Aksi Pramuka Peduli Lebaran di wilayah Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten ini Gerakan Pramuka tidak dapat kerja sendiri. Karena kegiatan ini hanya dimungkinkan berkat adanya kerjasama erat dan bersinergi dengan otoritas Pelabuhan Penyeberangan Merak yang dalam hal ini PT (Persero) ASDP dan Kepala Pelabuhan Penyeberangan Merak”, tegas Kak Hatta.
Khusus para petugas, yaitu anggota Gerakan Pramuka dan Pembina Pendamping untuk terus melakukan koordinasi dan mematuhi segala ketentuan yang berlaku dan lakukan kegiatan bakti ini dengan sungguh-sungguh walaupun dalam suasana menjalani ibadah puasa, ungkap Kak Hatta.
Kegiatan Aksi Pramuka Peduli yang bertajuk “Karya Bakti Lebaran 1434 H”,ini merupakan tradisi tahunan yang dilakukan Gerakan Pramuka seluruh Indonesia. Kwarnas Gerakan Pramuka beserta jajarannya mengerahkan anggota Pramuka Penegak dan Pandega  dan mereka ditempatkan diberbagai terminal-terminal/stasiun-stasiun dan pelabuhan guna membantu kelancaran arus mudik lebaran. Tidak sedikit pula anggota Gerakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di bawah binaan Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara bergabung dengan anggota Kepolisian Republik Indonesia, membantu polisi mengatur arus lalu lintas yang mengalami kemacetan.
Untuk tahun ini, pencanangan Karya Bakti Lebaran 1434 H dipusatkan di Terminal Terpadu Merak, Banten dengan mengerahkan anggota Gerakan Pramuka di wilayah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cilegon, Banten.
Selain itu Kwartir Nasional Gerakan Pramuka didukung oleh berbagai pihak, seperti RRI, Yayasan Dompet Dhuafa, DNIKS, DAITV, IRSI mendirikan posko gabungan diberbagai titik strategis guna membantu kelancaran arus mudik. Posko gabungan yang mengangkat tema “Wujudkan Bangsa Yang Berkarakter dan Bermartabat Melalui Gerakan Pramuka” ini tersebar diseluruh Indonesia dengan lokasi kegiatan di daerah pelabuhan penyebrangan, terminal dan lain sebagainya.

Adapun tugas pokoknya adalah membantu petugas terminal Bus/Stasiun KA dan Terminal Laut, dalam memberikan pelayanan terhadap kelancaran antrian tiket; memandu calon penumpang untuk menuju kendaraan sesuai tujuan; membantu petugas demi terciptanya ketertiban umum, keamanan dan kebersihan lingkungan; memandu calon penumpang ke arah tempat-tempat ibadah, MCK dan tempat-tempat penting lainnya, membantu memberikan pelayanan kesehatan awal (P3K), terhadap para calon penumpang yang membutuhkan; membantu para manula/jompo/ penyandang cacat mengangkut barang bawaannya.
Dalam acara pencanangan ini Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyerahkan bingkisan lebaran kepada anak yatim/dhuafa dan petugas kebersihan pelabuhan. Acara kemudian dilanjutkan peninjauan dan bertatap muka dengan calon menumpang.

No comments:

Post a Comment